Kamis, 19 September 2019

Pengertian Mikrotik Dan Instalasi nya

Pengertian Mikrotik Dan Instalasi Nya
Hasil gambar untuk logo smk ma'arif garut
Di Susun Oleh :
               Nama       : Miftah Farid Nurfadillah
      Kelas        : XII TKJ 2
Teknik Komputer Dan Jaringan
Lembaga Pendidikan Ma’arif Nu Garut
Jalan Pembagunan 58
Telepon (0262) 238247/ 235765
Email: smkmaarif57@yahoo.com

            A.Pengertian Mikrotik
Mikrotik Adalah Sebuah Perusahaan Yang Bergerak Di Bidang Produksi Perangkat Keras (Hardware) Dan Perangkat Lunak (Software) Yang Berhubungan Dengan Sistem Jaringan Komputer Yang Berkantor Pusat Di Latvia, Bersebelahan Dengan Rusia. Mikrotik Didirikan Pada Tahun 1995 Untuk Mengembangkan Router Dan Sistem Isp (Internet Service Provider) Nirkabel.
Mikrotik Dibuat Oleh Mikrotikls Sebuah Perusahaan Di Kota Riga, Latvia. Awalnya, Mikrotik Ditujukan Untuk Perusahaan Jasa Layanan Internet (Pji) Atau Internet Service Provider (Isp) Yang Melayani Pelanggannya Menggunakan Teknologi Nirkabel Atau Wireless. Saat Ini Mikrotikls Memberikan Layanan Kepada Banyak Isp Nirkabel Untuk Layanan Akses Internet Dibanyak Negara Di Dunia. Mikrotik Sekarang Menyediakan Hardware Dan Software Untuk Konektivitas Internet Di Sebagian Besar Negara Di Seluruh Dunia. Produk Hardware Unggulan Mikrotik Berupa Router, Switch, Antena, Dan Perangkat Pendukung Lainnya. Produk Software Unggulan Mikrotik Adalah Mikrotik Routeros.
. Mikrotik Adalah Sistem Operasi Dan Perangkat Lunak Yang Bisa Digunakan Untuk Menjadikan Komputer Manjadi Router Network Yang Handal, Mencakup Berbagai Fitur Yang Dibuat Untuk Ip Network Dan Jaringan Wireless, Cocok Digunakan Oleh Isp, Provider Hotspot Dan Warnet.

Hasil gambar untuk mikrotik

B.Fungsi Mikrotik

Router Mikrotik Bisa Digunakan Pada Jaringan Komputer Berskala Kecil Atau Besar, Hal Ini Tentunya Disesuaikan Pada Resource Daripada Komputer Itu Sendiri. Jika Mikrotik Digunakan Untuk Mengatur Network Kecil Maka Penggunaan Perangkat Komputernya Bisa Yang Biasa-Biasa Saja, Namun Jika Yang Ditanganinya Adalah Jaringan Berskala Besar Seperti Kelas ISP Maka Penggunaan Perangkat Komputernya Pun Harus Yang Benar-Benar Handal Yang Memiliki Spesifikasi Tinggi.
C. Kelebihan Mikrotik

Kelebihan Router Mikrotik Adalah Mudah Dalam Pengoperasian. Disebut Mudah Bila Kita Bandingkan Dengan Router OS Lain Seperti Cisco Dan Lainnya. Kemudahan Pengoperasian Router Berbasis Mikrotik OS Salah Satunya Adalah Berkat Tersedianya Fitur GUI. Jadi Kita Bisa Setup Router Tidak Hanya Melalui Tampilan Text Yang Biasa Digunakan OS Router Lain, Tapi Juga Bisa Dilakukan Melalui Sebuah Aplikasi Remote Berbasis GUI Bernama Winbox. Kelebihan Lain Dari Mikrotik Routeros Adalah Banyaknya Fitur Yang Didukung. Fitur-Fitur Network Yang Terdapat Pada Mikrotik OS Tersebut Adalah:
1.       Routing – Static Routing                      11. Data Rate Management  
2.       Hotspot                                                 12. Point To Point Tunneling Protocols
3.       Simple Tunnels                                     13. Ip Sec
4.       Web Proxy                                            14. Caching Dns Client  
5.       Dhcp                                                    15.Universal Client
6.       Vrrp                                                      16. Upnp
7.       Ntp                                                       17. Monitoring/Accounting
8.       Snmp                                                    18. M3p
9.       Mndp                                                    19. Tools     
10. Firewall & Nat                               20. Suport Scriping Programming

D. Kekurangan Mikrotik

Mikrotik Belum Mampu Menangani Sebuah Jaringan Internet Yang Berskala Besar, Karena Sertifikasi Yang Dikeluarkan Merupakan Sertifikasi Yang Kurang Begitu Ternak, Dan Tidak Seperti Halnya Cisco Yang Sertifikasinya Diakui Oleh Internasional, Sehingga Hal Ini Yang Menjadikan Mikrotik Mempunyai Kekurangan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar